Musik

Sabtu, 19 Oktober 2013

PR TIK_2

                                             


                                             Menjaga Kebersihan Sekolah


           Setiap sekolah pasti ingin sekali siswa nya bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya sendiri, tapi apakah semua warga sekolah bisa menjalan kan nya? mari kita ulas :

Penting gax sih menjaga kebersihan sekolah itu?
           
             Banyak sekolah yang ingin lingkungan nya selalu bersih dari sampah . Sekolah tidak hanya mendidik seorang murid nya menjadi anak yang berprestasi tetapi seorang guru juga harus mendidik siswa untuk mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kondisi dan situasi tempat yang mereka datangi setiap hari. kebersihan sekolah sangatlah penting , karena kebersihan dapat menciptakan keindahan. Kebersihan sekolah adalah hal yang penting untuk diperhatikan oleh semua warga sekolah tidak hanya petugas kebersihan saja yang harus menjaga kebersihan tetapi semua warga sekolah . Jadi KEBERSIHAN sekolah sangatlah penting.

Apasih yang menjadi kendala  setiap orang untuk bisa menjaga kebersihan sekolahnya?
         
            Sering kali kita melihat sampah yang berserakan di lorong atau di got sekolah, banyak orang  yang tidak suka dengan pemandangan seperti itu, tetapi tak sedikit juga orang yang membiarkan sampah- sampah itu tetap berserakan. Pemandangan seperti itu tak jarang kita temui. Kendala yang sering membuat warga sekolah ingin membuang sampah sembarangan salah satu nya karena kurang nya kesadaran diri terhadap lingkungan sekolah nya , atau bisa karena dia tak menyadari akan perbuatan dan akibat dari perbuatan nya. Seharusnya untuk menghindari membuang sampah sembarangan sangat diperlukan kesadaran dari dalam diri sendiri dan orang lain yang bisa mengingatkan terhadap warga sekolah yang membuang sampah sembarangan.

Bagaimana menurut mu tentang kebersihan SMP PIUS BAKSI UTAMA GOMBONG?

                 Smp pius telah mempunyai siswa yang bertanggung jawab dalam hal kebersihan yang tergabung dalam anggota YCS. Dengan ada nya anggota YCS sekolah sangat berharap siswa-siswa yang lain dapat mencontoh anggota YCS yang selalu membuang sampah pada tempat nya bahkan mengambil sampah jika itu tidak pada tempat nya. Hal itu bisa mengurangi kekotoran smp pius. Tetapi tidak sedikit juga anak yang tetap tidak sadar akan kebersihan sekolah dan kelasnya dengan tetap membuang sampah sembarangan.Kebersihan smp pius sudah lumayan jika dibandingkan dengan sebelum nya, walaupun ada saja sampah yang dibuang sembarangan.Dan anggota YCS juga harus mengingatkan teman nya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Apa yang harus ditegaskan sih untuk anak yang membuang sampah sembarangan?

                Penegasan dari guru sangat penting untuk mengingatkan anak yang membuang sampah dengan lebih memegaskan peraturan atau poin. Jika tetap banyak anak yang membuang sampah sembarangan guru dapat menghukum untuk membuat nya jera dengan cara mengambil sampah yang berserakan sampai bersih. Tetapi kesadaran juga berasal dari kebiasaan jika anak itu sudah terbiasa membuang sampah pada tempat nya pasti akan sadar terhadap kebersihan lingkungan nya, tetapi jika ia sudah terbiasa membuang sampah sembarangan pasti ia akan selalu begitu, dan itu lah yang harus dilakukan oleh bapak ibu guru yang wajib merubah kebiasaan anak itu sehingga sadar terhadap kebersihan sekolahnya. Ketegasan guru juga sangat penting untuk mengingatkan anak itu dan memberikan sangsi jika dia tetap mengulanginya.

Apa sih manfaat kebersihan sekolah?

              Sekolah yang bersih dan ruang kelas yang nyaman akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar karena tidak akan disibukkan dengan sampah tetapi lebih fokus terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru yang mengajar. Jadi setiap anak harus bisa menjaga kebersihan sekolah dan ruang kelas dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencoret-coret meja agar semua siswa dan guru merasa nyaman belajar agar dapat mendapat hesil yang optimal. Dan kebersihan merupakan satu hal yang dapat membuat kita sehat / memghindari dari penyakit karena udaranya bebas dari polisi sampah.


Jadi KEBERSIHAN sangat lah penting dalam mendukung kegiatan. Menjaga kebersihan berasal dari kesadaran diri akan lingkungan nya.Dan contoh dari orang yang lebih tua juga dapat menjadi motivasi agar anak sadar untuk membuang sampah pada tempatnya karena perbuatan yang baik akan selalu ditiru oleh banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar